Jumat, 08 Februari 2008

Imlek Bersama Meutia Hatta

Perayaan Imlek tahun ini benar-benar istimewah। selain dipusatkan di Kota Seribu Kelenteng--Singkawang--Kalimantan Barat, tapi juga buat pertama kali dihadiri Mnteri Pemberdayaan Perempuan, Meutia Hatta. Bahkan putri sang Proklamator ini mendapatkan kehormatan untuk menylut kembang api sebagai tanda dimulainya perayaan imlek 2559 di panggung terbuka Jalan Sejahtera.

Kembang api meluncur deras ke angkasa। Beberapa detik kemudian, terdengar ledakan menyusul percikan cahaya berpencar di udara. Langit berubah warna, kuning, hijau, biru, berpadu membentuk keindahan. Semua kepala mendongak ke atas, deru tepuk tangan ikut meramaikan suasana. Berteriak, Hore! Hebat!.

Setelah Meutia, penyulutan kembang api kedua dilakukan Walikota Singkawang, Hasan Karman, diikuti Ketua DPRD Kota Singkawang, H। Zaini Nur dan beberapa tokoh lainnya. Sebelum penyulutan dilakukan, acara seremonial digelar, berbagai kata sambutan mulai dari ketua panitia Imlek, hingga sambutan Meuttia disampkaikan.

Dengan singkat, dalam sambutannya Meutia mengajak kepada masyarakat kota Singkawang untuk mensukseskan perayaan Imlek dan Capgomeh di Kota Singkawang. Dengan terbuka, putri Bung Hatta ini juga mengucapkan selamat tahun baru Imlek bagi warga yang merayakan.

Pada kesempatan yang sama, Hasan Karman dalam sambutannya mengatakan kemeriahan Imlek di Kota Singkawan bukan hanya milik salah satu etnis, akan tetapi menjadi milik semua warga Kota Singkawang।

"Imlek bukan hanya milik salah satu etnis, akan tetapi juga menjadi milik semua warga yang ada di Kota Singkawang," ujar Hasan dari atas panggung। Bajunya warna merah menyala serasi dengan warna lampion yang ditata rapi pada panggung. Gaya bicara tenang dan tegas.

Ratusan warga yang hadir terpukau, gemuruh tepuk tangan sesekali menyambut ucapan peria yang mempunyai obsesi besar untuk memajukan Kota Singkawang lima tahun ke depan.
Bukan hanya Imlek, Hasan juga mengajak masyarakat untuk mensukseskan semua rangkaian acara hingga pada perayaan Cap Gomeh yang akan digelar dua minggu yang akan datang। Dengan semua peregalaran yang dilakukan, Hasan berkeinginan agar Kota Singkawang menjadi pusat kunjungan wisata terbesar kedua setelah Bali.

Bagi Hasan, memperkenalkan Kota Singkawang tidak cukup dengan mensukseskan perayaan Imlek dan Cap Gomeh di Kota Singkawang। Akan tetapi juga dengan mensukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) se-Provinsi Kalimantan Barat yang akan digelar di Kota Singkawang pada Mei mendatang.

"Bagi warga Kota Singkawang, mari kita sukseskan MTQ di Kota Singkawang, oke," ujar Hasan कर्मन. Seruan itu berulang kali ia sampaikan. Setiap kali serukan itu keluar, saat itu juga tepuk tangan masyarakat bergemuruh. Acara usai, tarian multi etnis disuguhkan, pertunjukkan barongsai ikut memeriahkan.Gong Xi Fa Chai

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Maju terus Singkawang.